Gubernur Apresiasi Terjadi Penurunan Stunting Di Maluku

Ambon, Tribun-Maluku.com : Gubernur Maluku Murad Ismail memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Ketua TP-PKK Provinsi Maluku dan jajarannya, bersama seluruh OPD atas kerja kerasnya dalam upaya penurunan stunting di Provinsi Maluku.

Kerja keras itu telah memberikan hasil yang menggembirakan dimana angka stunting di Provinsi Maluku mengalami penurunan dari tahun 2019 sebesar 30,88 persen menjadi 28,70 persen tahun 2021.

Apresiasi Gubernur Maluku itu melalui sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekda Maluku, Sadli Le pada acara Temu Kerja Konvergensi dalam Percepatan Penurunan AKI dan Stunting, dan Launching Satgas Stunting Provinsi Maluku serta Penandatanganan MoU dalam rangka Penurunan Stunting, bertempat di Gedung PKK Provinsi Maluku, Sabtu (11/6/2022).

Menurut Gubernur, salah satu bentuk komitmen untuk percepatan penurunan stunting yaitu Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Perpres ini merupakan payung hukum bagi Strategi Nasional (Stranas) Percepatan Penurunan Stunting yang telah diluncurkan dan dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu.

Perpres ini juga untuk memperkuat kerangka intervensi yang harus dilakukan kelembagaan dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting.

Percepatan penurunan serta pencegahan Stunting di Maluku dibutuhkan keterpaduan sinergitas lintas sektor, diperlukan intervensi, perhatian dan kehadiran Pemerintah Daerah di tengah masyarakat untuk memberikan asistensi, edukasi dan advokasi kepada masyarakat.

“Termasuk diperlukan penyelarasan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian untuk sadar arti pentingnya memenuhi gizi spesifik dan gizi sensitif,” katanya.

Percepatan pencegahan dan penurunan Stunting di Maluku telah diarahkan pada beberapa hal yaitu: Komitmen dan visi kepemimpinan, Kampanye dan komunikasi perubahan prilaku, Konvergensi koordinasi dan konsultasi program pusat daerah dan desa serta Ketahanan pangan dan gizi.

“Salah satu pembaruan strategi percepatan penurunan stunting di Maluku adalah melalui Duta Perangi Stunting (Duta Parenting),” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.