Rusia Tembak Jatuh Pesawat Militer, Serang Markas Tentara Bayaran Ukraina

TEMPO.COJakarta – Rusia telah menembak jatuh pesawat militer Ukraina beberapa hari terakhir. Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Jenderal Igor Konashenkov, pesawat yang ditembak itu adalah tipe Mikoyan MiG-29 dan Sukhoi Su-25.

“Pertahanan udara Rusia menembak jatuh sebuah pesawat MiG-29 dan Su-25 Angkatan Udara Ukraina di dekat pemukiman Snegiryovka di wilayah Nikolaev dan dekat pemukiman Alexandrovka di wilayah Kharkov dalam 24 jam terakhir,” ujar Konashenkov, Sabtu, 11 Juni 2022, dilansir dari kantor berita Rusia, TASS.

Selain itu, menurut Konashenkov, pertahanan udara Rusia mencegat tiga amunisi yang ditembakkan dari beberapa peluncur roket Uragan Ukraina di dekat pemukiman Dolgenkoye, Sukhaya Kamenka dan Malaya Kamyshevakha di wilayah Kharkov.

Konashenkov juga mengatakan bahwa 12 drone Ukraina telah jatuh di dekat Ilyichevka, Chkalovskoye, Krasnoye, Malye Prokhody, Zavody, Brazhkovka, Vernopolye, Ovodmitrovskaya dan Grushevakha di wilayah Kharkov. Drone juga telah ditembak jatuh di di dekat Vasilyevka, Stakhanov dan Teplogorsk di Rusia. Republik Rakyat Lugansk.

Selain menembak jatuh pesawat Ukraina, Rusia juga mengklaim telah menghancurkan pangkalan tentara bayaran asing di wilayah Kharkov. “Rudal yang diluncurkan dari udara dengan presisi tinggi menghancurkan pangkalan tentara bayaran asing di dekat pemukiman Avdeyevka di wilayah Kharkov,” kata Konashenkov.

Menurut Konashenkov, serangan itu menewaskan lebih dari 300 tentara Ukraina, menghancurkan 11 kendaraan lapis baja, dua peluncur roket ganda Grad, sepuluh artileri lapangan, sembilan kendaraan bermotor dan sembilan senjata lapangan dan depot bahan bakar.

Selama empat bulan terakhir, Angkatan Bersenjata Rusia telah menghancurkan 198 pesawat, 1.180 kendaraan udara tak berawak, 3.503 kendaraan lapis baja dan 506 peluncur roket ganda.

Meski digempur habis-habisan oleh Rusia, Presiden Volodymyr Zelensky menyatakan Ukraina akan menang. Demi memenangkan pertempuran melawan Rusia, Zelensky meminta Barat mengirim lebih cepat senjata berat.

Ia mengklaim tentara Ukraina lebih tangguh dibandingkan Rusia di medan pertempuran. “Kami pasti akan menang dalam perang yang telah dimulai Rusia ini,” kata Zelensky dalam konferensi di Singapura melalui tautan video.

TASS | REUTERS